loading...
loading...

Pengertian dan Bagian - Bagian Panca Maha Bhuta

HINDUALUKTA -- Menurut para ahli bumi terbagi dari tiga bagian yakni kerak, Mantel dan Inti. Ketiga lapisan ini tersusun dari atom-atom. Dalam ajaran agama Hindu, Bumi  dan isinya  (Bhuana Agung dan Bhuana Alit ) terdiri dari lima jenis elemen-elemen.

Dari kelima elemen tersebut, dikenal dengan Panca Maha Bhuta. Panca Maha Bhuta yakni lima unsur dasar zat dan elemen yang menyusun manusia dari alam semesta. Panca Maha Bhuta juga dapat diartikan sebagai 5 (lima) elemen dasar pembentuk alam, baik alam makrokosmos / tubuh manusia, dan mikrokosmos atau alam semesta. Kelima bagian-bagian tersebut yakni Pertiwi, Apah, Bayu, Teja dan Akasa (Ether).

1. Pertiwi (Tanah)

Pertiwi adalah zat atau unsur padat yang ada pada alam semesta seperti Tanah. Sedangkan kalau pada manusia Pertiwi ada pada bagian kulit atau daging manusia. (segala sat padat pada tubuh manusia)

2. Apah (Air)

Apah adah bendah cair yang terdapat di alam semesta (Bumi). Sedangkanm apah pada manusia berada pada Zat Cair seperti darah, keringat, air liur dan sbagainya (Segala yang bentuk cair).

3. Bayu (Udara)

Bayu atau udara, yang terdapat pada alam semesta seperti angin, udarah dan lainya. Sedangkan Bayu pada manusia terdapat pada nafas manusia (segala yang betuk angin pada manusia).

4. Teja (Api)

Teja atau api adalah segala bentuk panas yang terdapat pada bhuana agung dan bhuana alit. Jika dilihat lebih dekat, Teja pada manusia terdapat pada padas badan.

5. Akasa atau ether (Ruang Angkasa)

Akasa atau ether (Ruang Angkasa) adalah segala yang tidak memiliki oksigen pada Bhuana Agung dan Bhuana Alit. Jika pada manusia, Akasa terdapat pada rongga perut atau dibawah Hati manusia.

Kelima unsur diatas merupakan penyusun tubuh manusia dan alam semesta. Kelimanya muncul dari pertemuan Purusa dan Prakerti (Darsana). Pada keyakini umat Hindu, meyakini bahwa Panca maha Bhuta yang terdapat pada tubuh manusia akan kembali jika di Aben.

Dalam kepercayaan Hindu (Panca Yajna) dikenal adanya Bhuta Yajna yakni persembahan yang ditujukan kepada para Bhuta. Para bhuta yang dimaksud disini yakni kelima panca Maha Bhuta tersebut. Upacara ini dilakukan guna menjaga keharmonisan umat manusia dan para Bhuta atau mahluk yang lebih rendah dari tingkatan manusia.


Subscribe to receive free email updates: